Contoh RPP

psikologi islam terapan, psikologi budaya, behavior, humanis, NLP, psikotest, psikometri, metalogika, psikoanalisis, hukum, arsitektur, ergonomis, psikosis, neurosis, positive, logoterapi, islam, kesehatan, bimbingan konseling, pikiran, perasaan, test pns, neuron. komunitas, autis, adhd, kajian

Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (03)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling
Semester                                  : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan    è
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara terbiasa memanfaatkan waktu secara efetif dan produktif
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menghargai waktu yang ada
-          Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual, dan ekonomi dengan cara memnfaatkan setiap peluang atau kesempatan yang ada
Kompetensi Dasar        è
Siswa mampu menghargai dan memanfaatkan waktu dengan benar (efektif dan produktif )
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
Ayo, Aturlah Waktumu
- Informasi
- Pembelajaran
Pribadi
Sosial
- Pemahaman
- Pencegahan
  1. Pentingnya Mengatur Waktu
Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal
  1. Sejarah Pembagian Waktu
Mengerti tentang sejarah pembagian waktu sehingga bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada
  1. Mengenal Manajemen Waktu
Mengenal manajemen waktu sehingga menjadi dasar dalam pemanfaatan waktu yang berhasil dan berdaya guna
       d.    Membangun Kebiasaan
              Mengatur Waktu
Terbiasa mengatur atau mengisi waktu secara efektif dan produktif sehingga menjadi bagian penting dalam ke hidupan  sehari-hari
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (03)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Pembelajaran
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu menghargai dan memanfaatkan waktu dengan benar (efektif dan produktif )
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Mengerti arti penting mengatur waktu sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal
b
Mengerti tentang sejarah pembagian waktu sehingga bijak dalam memanfaatkan waktu yang ada
c
Mengenal manajemen waktu sehingga menjadi dasar dalam pemanfaatan waktu yang berhasil dan berdaya guna
d
Terbiasa mengatur atau mengisi waktu secara efektif dan produktif sehingga menjadi bagian penting dalam ke hidupan  sehari-hari
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Ayo, Aturlah Waktumu
a
Pentingnya Mengatur Waktu
b
Sejarah Pembagian Waktu
c
Mengenal Manajemen Waktu
d
Membangun Kebiasaan Mengatur Waktu
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
1 / Ganjil     
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Pengurus OSIS / Dll ( menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Skema Pembagian Waktu / Dll ( menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (04)
Sekolah                                      : SMA  .............................................                                   
Kelas                                         : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan           : Bimbingan dan Konseling                                                 
Semester                                    : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan     è
-          Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah bakat,kemampuan, dan prestasi yang dimiliki
-          Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan bakat,minat, dan kemampuan yang dimiliki
Kompetensi Dasar         è
Siswa mampu melihat bakat,kemampuan, dan prestasi diri yang perlu sisyukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanann
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
       Aku Melihat Bakat
- Informasi
- Konseling 
  perorangan
Pribadi
-Pemahaman
-Pemeliharaan & 
  Pengembangan
a.        Bakat, Kemampuan, dan Prestasi
Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
b.        Bakat Umum dan Bakat Khusus
Mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan mengemangkan masing-masing
c.        Tes Bakat dan Tes Prestasi
Mengenal tes bakat dan tes prestasi untuk mengenal dan evaluasi diri
d.        Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat dan Prestasi
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bakat dan prestasi sehingga dapat memahami keunikan diri dan mengevaluasi demi perbaikan diri
       e.     Cita-cita
Mantap dalam menentukan cita-cita untuk studi lanjut dan pilihan karir
f.         Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cita-cita
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  cita-cita sehingga dapat menentukan cita-cita yang sesuai dengan keberadaan diri
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (04)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Konseling Perorangan
C
Bidang Bimbingan
Pribadi
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan pengemvbangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu melihat bakat,kemampuan, dan prestasi diri yang perlu sisyukuri dan dikembangkan untuk meningkatkan mutu kehidupannya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Mengenal bakat, kemampuan, dan prestasi diri sehingga mau mengembangkannya untuk mencapai pencapaian diri yang optimal
b
Mengenal bakat umum dan bakat khusus sehingga mampu membedakannya dan mengemangkan masing-masing
c
Mengenal tes bakat dan tes prestasi untuk mengenal dan evaluasi diri
d
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi bakat dan prestasi sehingga dapat memahami keunikan diri dan mengevaluasi demi perbaikan diri
e
Mantap dalam menentukan cita-cita untuk studi lanjut dan pilihan karir
f
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  cita-cita sehingga dapat menentukan cita-cita yang sesuai dengan keberadaan diri
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
 Aku Melihat Bakat
a
Bakat, Kemampuan, dan Prestasi
b
Bakat Umum dan Bakat Khusus
c
Tes Bakat dan Tes Prestasi
d
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat dan Prestasi
e
Cita-cita
f
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Cita-cita
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
1 / Ganjil     
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Seorang dengan bakat khusus  / Dll (menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Contoh tes bakat / Gambar atau  tayangan tentang orang berbakat / Dll ( menyesuaikan)
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (05)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling           
Semester                                  : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan       è
-          Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita sehingga dapat bergaul secara efektif
-          Mencapai kematangan dalam sistem  etika dan nilai dalam relasi kehidupan sehari-hari bersama orang lain
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan melaksanakan etika pergaulan
Kompetensi Dasar            è
Siswa mampu hidup bersama orang lain yang mendasarkan diri pada etika pergaulan
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
Etika Pergaulan
- Informasi
- Bimbingan
   Kelompok
Pribadi
Sosial
- Pemahaman
- Pencegahan
a.       Pengertian Etiket dan
Etika
Memahami pengertian tentang etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
        b.   Perbedaan Etiket & Etika
Menjelaskan perbedaan antara etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
  1. Memahami  Etika dan Prinsip Etika
Memahami etika dan prinsip etika dalam pergaulan kehidupan sehari
       d.     Prinsip Etika Pergaulan
Mengenal prinsip etika pergaulan dalam pergaulan hidup sehari-hari
  1. Melaksanakan Prinsip-prinsip Etika Pergaulan
Terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari bersama orang lain
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (05)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi , Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman,Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu hidup bersama orang lain yang mendasarkan diri pada etika pergaulan
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Memahami pengertian tentang etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
b
Menjelaskan perbedaan antara etiket dan etika dalam kehidupan sehari-hari
c
Memahami etika dan prinsip etika dalam pergaulan kehidupan sehari
d
Mengenal prinsip etika pergaulan dalam pergaulan hidup sehari-hari
e
Terbiasa melaksanakan prinsip-prinsip etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari bersama orang lain
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Etika Pergaulan
a
Pengertian Etiket dan Etika
b
Perbedaan Etiket & Etika
c
Memahami  Etika dan Prinsip Etika
d
Prinsip Etika Pergaulan
e
Melaksanakan Prinsip-prinsip Etika Pergaulan
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
1 / Ganjil     
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Beberapa siswa untuk praktek / Dll ( menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Gambar / tayangan tentang etika pergaulan / Dll (menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (06)
Sekolah                                      : SMA  .............................................                                   
Kelas                                         : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan           : Bimbingan dan Konseling                                                 
Semester                                    : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan       è
-          Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan menjunjung tinggi nilai pergaulan
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan pergaulan remaja yang sehat dan sesuai norma yang berlaku
Kompetensi Dasar           è
Siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja sehingga mendapatkan menfaat bagi perkembangan dirinya
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
Pergaulan Remaja
- Informasi
- Bimbingan
   Kelompok
Pribadi
Sosial
- Pemahaman
- Pemeliharaan &
  Pengembangan
 
        Pergaulan Sehari-hari remaja
Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
b.        Aspek Psikososial Remaja
Memahami aspek psikososial remaja sehingga semakin mengenal diri
c.        Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Remaja
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
d.        Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat
Memahami prinsip-prinsip dasar pergaulan yang sehat sehingga tidak terjerumus pada pergaulan yang membahayakan 
e.        Supaya Pertemanan Terjalin Langgeng
Membiasakan diri bergaul secra sehat dan efektif sehingga persahabatan dengan siapapun dapat bertahan lebih lama
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (06)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu bergaul secara efektif sebagai remaja sehingga mendapatkan menfaat bagi perkembangan dirinya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Memahami tentang arti penting pergaulan sehari-hari sebagai remaja
b
Memahami aspek psikososial remaja sehingga semakin mengenal diri
c
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergaulan remaja sehingga dapat bergaul secara efektif dalam kehidupan sehari-hari
d
Memahami prinsip-prinsip dasar pergaulan yang sehat sehingga tidak terjerumus pada pergaulan yang membahayakan 
e
Membiasakan diri bergaul secra sehat dan efektif sehingga persahabatan dengan siapapun dapat bertahan lebih lama
f
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Pergaulan Sehari-hari remaja
a
Aspek Psikososial Remaja
b
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pergaulan Remaja
c
Prinsip Dasar Pergaulan yang Sehat
d
Supaya Pertemanan Terjalin Langgeng
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
1 / Ganjil
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Beberapa pengurus kelas - OSIS / Dll (menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Gambar / tayangan tentang pergaulan remaja
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (07)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling                                                           
Semester                                  : 1 ( Ganjil )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan       è
-          Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan cara menjadi pemimpin yang berakhlak mulia
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara menjadi pemimpin yang menjunjung tinggi nilai-nilai kepemimpinan
-          Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara menjadi pemimpin yang dapat diterima oleh semua pihak
Kompetensi Dasar           è
Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja yang efektif dan efisien / mumpuni sesuai dengan karakter  seorang pemimpin handal
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
       Kepemimpinan Remaja
Informasi
Pribadi
Sosial
Pemahaman
  1. Pengertian Kepemimpinan dan pemimpin
Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin  sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
  1. Karakter  Seorang Pemimpin
Mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan
  1. Remaja Pemimpin Masa Depan
Menyadari bahwa remaja adalah pemimpin masa depan sehingga perlu mempersiapkan diri selagi memiliki kesempatan
  1. Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Remaja
Melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga proses dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan
  1. Kamulah Sang Pemimpin
Meyakini bahwa setiap pribadi adalah seorang pemimpin sehingga mampu memimpin dirinya sendiri dan orang lain
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (07)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu melaksanakan kepemimpinan remaja yang efektif dan efisien / mumpuni sesuai dengan karakter  seorang pemimpin handal
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Memahami arti kepemimpinan dan pemimpin  sehingga dapat membedakan maknanya masing-masing
b
Mengenal karakter yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin sehingga dapat mengenal karakter dirinya dalam kepemimpinan
c
Menyadari bahwa remaja adalah pemimpin masa depan sehingga perlu mempersiapkan diri selagi memiliki kesempatan
d
Melaksanakan kepemimpinan dengan prinsip-prinsip kepemimpinan remaja sehingga proses dan hasilnya sesuai dengan yang diinginkan
e
Meyakini bahwa setiap pribadi adalah seorang pemimpin sehingga mampu memimpin dirinya sendiri dan orang lain
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Kepemimpinan Remaja
a
Pengertian Kepemimpinan dan pemimpin
b
Karakter  Seorang Pemimpin
c
Remaja Pemimpin Masa Depan
d
Prinsip-Prinsip Kepemimpinan Remaja
e
Kamulah Sang Pemimpin
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
1 / Ganjil     
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Pengurus OSIS-MPK / Pengurus Kelas / Tokoh Organisasi, Dll (menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Sarana permainan yang sesuai / Skema Pola Kerja / Dll (menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (08)
Sekolah                                            : SMA  .............................................                                             
Kelas                                                : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan                  : Bimbingan dan Konseling                                                            
Semester                                          : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan       è
-          Mencapai kematangan dalam beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dengan bersyukur atas anugerah kecerdasan yang dimiliki
-          Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi dan seni sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki
-          Mencapai kematangan dalam bertingkah laku yang dapat diterima oleh masyarakat
-          Mencapai kematangan dalam mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan seni sesuai dengan program kurikulum dan persiapan karir atau melanjutkan pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang luas
Kompetensi Dasar           è
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
       Dimensi Kecerdasan Manusia
- Informasi
- Konseling 
  perorangan
Pribadi
Sosial
-  Pemahaman
 - Pemeliharaan &
   Pengembangan
a.        Kecerdasan Otak / Intekektual (IQ)
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan
b.        Kecerdasan Emosional (EQ)
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
c.        Kecerdasan Fisik (PQ)
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
d.        Kecerdasan Spiritual (SQ)
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
e.        Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana, produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
f.         Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )
Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami 
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (08)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Konseling Perorangan
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu bersikap dan bertingkahlaku, dan mengembangkan diri sesuai dengan dimensi kecerdasan yang dimilikinya sehingga berhasil dalam kehidupannya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan otak yang dimiliki untuk mengembangkan kemampuan intelektual /prestasi yang dibutuhkan dalam kehidupan
b
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan emosional yang dimiliki sehingga dapat bersikap dengan tepat / beradaptasi dengan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari
c
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan fisik yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan untuk produktivitas dan kesehatan diri
d
Memanfaatkan secara efektif kecerdasan spiritual yang dimiliki sehingga semakin dekat dengan Tuhan dan mendasarkan pada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
e
Memadukan komponen atau aspek-aspek yang ada pada IQ,EQ, PQ, dan SQ sehingga menjadi pribadi yang semakin efektif, berprestasi, bijaksana, produktif, sehat jasmani dan rohani, serta beriman, bertakwa, dan mendasarkan kepada ajaranNya untuk segala aspek kehidupannya
f
Memanfaatkan setiap peluang yang ada di tengah hambatan hidup yang dialami sehingga menjadi pribadi yang teguh, percaya diri, dan mampu mencari solusi dari masalah yang dialami 
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Dimensi Kecerdasan Manusia
a
Kecerdasan Otak / Intekektual (IQ)
b
Kecerdasan Emosional (EQ)
c
Kecerdasan Fisik (PQ)
d
Kecerdasan Spiritual (SQ)
e
Keterkaitan IQ,EQ,PQ, dan SQ
f
Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang )
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Psikolog / Dll (menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Skema Otak Manusia / Dll (menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
A
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (09)
Sekolah                                      : SMA  .............................................                                   
Kelas                                         : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan           : Bimbingan dan Konseling                                                 
Semester                                    : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan       è
-          Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat
Kompetensi Dasar           è
Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil mengatasi masalah yang dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja sehingga menjadi remaja yang efektif
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
         Masalah Muncul
         Solusi  Muncul
- Informasi
- Bimbingan  
   Kelompok
- Pribadi
- Sosial
-Pencegahan
a.        Remaja dan Masa Remaja
Mengenal diri sebagai remaja dengan segala keunikan/kekhasan yang dimilikinya sehingga dapat memperlakukan diri dengan tepat
b.        Dimensi Perubahan Remaja
Mengenal dimensi perubahan diri pada usia remaja sehingga dapat beradaptasi diri dan dengan lingkungannya secara tepat
c.        Masalah pada Remaja
Mengenal masalah-masalah yang biasanya muncul pada masa remaja sehingga dapat memberi perhatian yang khusus apabila masalah itu muncul
d.        Stres dan Depresi pada Remaja
Mengenal stres dan depresi yang biasanya dialami oleh kaum remaja sehingga dapat  mengatasi atau berlaku dengan tepat apabila kasus tersebut dialaminya
e.        Mengatasi Stres dan Depresi
Mengatasi stres dan depresi yang dialami sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
f.         Langkah-langkah Mengatasi Masalah
Mengatasi masalah dengan langkah-langkah yang efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (09)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi, Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengenal, menganalisa, dan terampil mengatasi masalah yang dialami pada rentang tahapan hidupnya di masa remaja sehingga
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Mengenal diri sebagai remaja dengan segala keunikan/kekhasan yang dimilikinya sehingga dapat memperlakukan diri dengan tepat
b
Mengenal dimensi perubahan diri pada usia remaja sehingga dapat beradaptasi diri dan dengan lingkungannya secara tepat
c
Mengenal masalah-masalah yang biasanya muncul pada masa remaja sehingga dapat memberi perhatian yang khusus apabila masalah itu muncul
d
Mengenal stres dan depresi yang biasanya dialami oleh kaum remaja sehingga dapat  mengatasi atau berlaku dengan tepat apabila kasus tersebut dialaminya
e
Mengatasi stres dan depresi yang dialami sehingga tidak terlalu mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari
f
Mengatasi masalah dengan langkah-langkah yang efektif sehingga masalah yang dihadapi dapat diatasi dengan baik
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Masalah Muncul Solusi  Muncul
A
Remaja dan Masa Remaja
B
Dimensi Perubahan Remaja
C
Masalah pada Remaja
D
Stres dan Depresi pada Remaja
E
Mengatasi Stres dan Depresi
F
Langkah-langkah Mengatasi Masalah
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Beberapa siswa untuk sosiodrama / Dll (menyesuaikan )
N
Alat dan Perlengkapan
Skema Pemecahan Masalah / Dll (menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
A
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (10)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling                                                           
Semester                                  : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan      è
-          Mencapai kematangan dengan sistem etika dan nilai dengan cara berpikir dan bersikap positif dalam kehidupan sehari-hari
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara berpikir dan bersikap secara positif dalam kehidupan di masyarakat
Kompetensi Dasar           è
Siswa mampu berpikir dan bersikap positif dalam pergaulan hidup sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
        Berpikir  dan
        Bersikap Positif
Bimbingan Kelompok
Pribadi
Sosial
Pencegahan
  1. Prasangka / Pikiran Negatif
Menghindari prasangka atau pikiran negatif agar tidak terjadi kesalahpahaman dan konflik dengan orang lain di manapun berada
  1. Berpikir Positif
Membiasakan berpikir positif kepada orang lain agar terjalin rasa saling penghargaan dan rasa saling percaya antara yang satu dengan yang lain
  1. Bersikap dan Bertindak Positif
Membiasakan bersikap dan bertindak secara positif dalam pergaulan hidup sehari-hari, baik di rumah, sekolah,atau masyarakat pada umumnya
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (10)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Bimbingan Kelompok
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu berpikir dan bersikap positif dalam pergaulan hidup sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat pada umumnya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Menghindari prasangka atau pikiran negatif agar tidak terjadi kesalahpahaman dan konflik dengan orang lain di manapun berada
b
Membiasakan berpikir positif kepada orang lain agar terjalin rasa saling penghargaan dan rasa saling percaya antara yang satu dengan yang lain
c
Membiasakan bersikap dan bertindak secara positif dalam pergaulan hidup sehari-hari, baik di rumah, sekolah,atau masyarakat pada umumnya
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Berpikir  dan  Bersikap Positif
a
Prasangka / Pikiran Negatif
b
Berpikir Positif
c
Bersikap dan Bertindak Positif
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Siswa Berprestasi / pilihan ( berdasarkan sosiometri) / Dll (Menyesuikan)
N
Alat dan Perlengkapan
Skema Berpikir Positif / Dll (Menyesuikan)
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (11)
Sekolah                                      : SMA  .............................................                                   
Kelas                                         : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan           : Bimbingan dan Konseling                                                 
Semester                                    : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan   è
-          Mencapai kematangan dalam hubungan antar teman sebaya baik pria maupun wanita serta kematangan dalam perannya sebagai pria dan wanita yang dapat dilakukan dengan cara melakukan rekreasi remaja yang sehat
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara memiilih pola rekreasi yang dapat diterima oleh norma masyarakat
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara melakukan rekreasi yang bermanfaat, etis, sehat  dan bermakna bagi masyarakat di sekitarnya
Kompetensi Dasar        è
Siswa mampu memilih bentuk rekreasi yang paling efektif sehingga memperoleh manfaat bagi perkembangan sosialisasi, kesehatan jiwa dan raganya, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
        Rekreasi Remaja
Informasi
- Pribadi
- Sosial
Pemahaman
a.        Pengertian dan Pola Rekreasi
Memahami pola rekreasi sehingga dapat memilih pola yang paling tepat dalam berekreasi
b.        Sejarah Rekreasi
Mengenal sejarah rekreasi sehingga dapat melakukan rekreasi secara bijak
c.        Nilai-nilai Rekreasi
Memaknai nilai-nilai rekreasi sehingga bermanfaat bagi kehidupannya
                       
d.        Prinsip-Prinsip Rekreasi
Memahami prinsip-prinsip rekreasi sehingga dapat memantapkan diri untuk melakukan rekreasi yang paling efektif 
e.        Manfaat Rekreasi
Merasakan manfaat rekreasi bagi kesehatan jiwa dan raga, pergaulan dengan  sesama remaja, serta masyarakat di sekitarnya
f.         Faktor-faktor Rekreasi Remaja
Mengenal faktor-faktor rekreasi remaja sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pola / bentuk rekreasi yangakan dipilihnya
g.        Bentuk-bentuk Rekreasi
Mengenal bentuk-bentuk rekreasi remaja dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien
h.        Merencanakan Rekreasi Kelompok
Membuat perencanaan  rekreasi  bersama teman-teman sebaya / kelompok yang mempertimbangkan aspek nilai, prinsip, manfaat, faktor yang berpengaruh,dan bentuk rekreasi yang ideal sehingga memberi keuntungan bagi diri,kelompok,dan masyarakat di sekitarnya
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (11)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu memilih bentuk rekreasi yang paling efektif sehingga memperoleh manfaat bagi perkembangan sosialisasi, kesehatan jiwa dan raganya, serta bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Memahami pola rekreasi sehingga dapat memilih pola yang paling tepat dalam berekreasi
b
Mengenal sejarah rekreasi sehingga dapat melakukan rekreasi secara bijak
c
Memaknai nilai-nilai rekreasi sehingga bermanfaat bagi kehidupannya
d
Memahami prinsip-prinsip rekreasi sehingga dapat memantapkan diri untuk melakukan rekreasi yang paling efektif 
e
Merasakan manfaat rekreasi bagi kesehatan jiwa dan raga, pergaulan dengan  sesama remaja, serta masyarakat di sekitarnya
f
Mengenal faktor-faktor rekreasi remaja sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pola / bentuk rekreasi yangakan dipilihnya
Mengenal bentuk-bentuk rekreasi remaja dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien
Membuat perencanaan  rekreasi  bersama teman-teman sebaya / kelompok yang mempertimbangkan aspek nilai, prinsip, manfaat, faktor yang berpengaruh,dan bentuk rekreasi yang ideal sehingga memberi keuntungan bagi diri,kelompok,dan masyarakat di sekitarnya
G
Sasaran Kegiatan
Semua Siswa Kelas XI
H
Materi Layanan
Rekreasi Remaja
a
Pengertian dan Pola Rekreasi
b
Sejarah Rekreasi
c
Nilai-nilai Rekreasi
d
Prinsip-Prinsip Rekreasi
e
Manfaat Rekreasi
f
Faktor-faktor Rekreasi Remaja
g
Bentuk-bentuk Rekreasi
h
Merencanakan Rekreasi Kelompok
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Panitia Karyawisata /  Dll (menyesuaikan)
N
Alat dan Perlengkapan
Gambar / tayangan tentang kegiatan rekreasi /Skema Rekreasi / Dll (menyesuaikan)
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (12)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling                                                           
Semester                                  : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan     è
-          Mencapai kematangan dalam sistem etika dan nilai dengan cara hidup bebas dari kebiasaan korup dalam bentuk apapun
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan cara bersikap sebagai remaja yang anti korupsi
Kompetensi Dasar          è
Siswa menyadari  perlunya sikap anti korupsi dalam bentuk apapun dan menjalankan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari 
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
Remaja Anti Korupsi
Informasi
- Pribadi
- Sosial
Pencegahan
  1. Korupsi di Sekitar Kita
Prihatin dengan banyaknya kejadian tindakan korupsi di berbagai tempat atau situasi 
  1. Pengertian dan Indikator Korupsi
Mengenal pengertian dan indikator korupsi sehingga dapatmenganalisa tentang tindak korupsi yang terjadi di lingkungan hidupnya
  1. Jenis Tindakan Korupsi
Mengenal berbagi jenis tindakan korupsi yang biasa terjadi sehingga mau menghindari tindakan korupsi yang terjadi
  1. Membangun Sikap Anti Korupsi
Membangun sikap anti korupsi dengan cara tidak ikut-ikut bertindak dan bersikap korup dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun
  1. Remaja Anti Korupsi
Menjadi remaja yang anti korupsi sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dengan menjadi pribadi yang jernih dan terbebas dari tindak kejahatan yang merugikan diri, orang lain, Negara dan melukai hati Tuhan
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (12)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pencegahan
E
Tujuan Layanan
Siswa menyadari  perlunya sikap anti korupsi dalam bentuk apapun dan menjalankan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Prihatin dengan banyaknya kejadian tindakan korupsi di berbagai tempat atau situasi 
b
Mengenal pengertian dan indikator korupsi sehingga dapatmenganalisa tentang tindak korupsi yang terjadi di lingkungan hidupnya
c
Mengenal berbagi jenis tindakan korupsi yang biasa terjadi sehingga mau menghindari tindakan korupsi yang terjadi
d
Membangun sikap anti korupsi dengan cara tidak ikut-ikut bertindak dan bersikap korup dalam bentuk yang paling sederhana sekalipun
e
Menjadi remaja yang anti korupsi sebagai bentuk cinta terhadap tanah air dengan menjadi pribadi yang jernih dan terbebas dari tindak kejahatan yang merugikan diri, orang lain, Negara dan melukai hati Tuhan
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
a
Remaja Anti Korupsi
b
Korupsi di Sekitar Kita
c
Pengertian dan Indikator Korupsi
d
Jenis Tindakan Korupsi
e
Membangun Sikap Anti Korupsi
f
Remaja Anti Korupsi
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Penegak Hukum / Dll (menyesuaikan)
N
Alat dan Perlengkapan
Brosur Gerakan Anti Korupsi / Data-data dari ICW (Internet) / Dll (menyesuaikan )
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
Silabus Bimbingan Konseling (13)
Sekolah                                    : SMA  .............................................                                  
Kelas                                        : XI (Sebelas)
Mata Pelajaran / Layanan : Bimbingan dan Konseling                                           
Semester                                  : 2 ( Genap )
Standar Kompetensi /
Tugas Perkembangan      è
-          Mencapai kematangan dalam gambaran dan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, intelektual dan ekonomi dengan cara menjadi remaja yang mandiri
-          Mencapai kematangan dalam bertingkahlaku yang dapat diterima oleh masyarakat dengan menjadi remaja yang mandiri
Kompetensi Dasar          è
Siswa mampu mengupayakan diri menjadi remaja yang mandiri
Materi Layanan
Indikator / Tujuan Layanan
Jenis Layanan
Bidang Bimbingan
Fungsi Layanan
        Remaja Mandiri
Informasi
- Pribadi
- Sosial
- Pemahaman
- Pemeliharaan & 
  Pengembangan
  1. Kodrat Manusia
Menjadi remaja yang memahami kodratnya sebagai manusia
  1. Kemandirian
Mengembangkan jiwa kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
  1. Proses Perkembangan Kemandirian
Memahami proses perkembangan kemandirian
  1. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja
Menyadari bahwa kemandirian itu berhubungan dengan kebutuhan psikologis remaja
  1. Ciri-ciri Pribadi Mandiri
Berusaha mewujudkan menjadi diri yang memiliki cirri-ciri pribadi mandiri
Alokasi Waktu dan Sumber Belajar, serta aspek lainnya dapat ditambahkan sendiri oleh Guru Pembimbing  dan dikembangkan lagi dalam Rencana Pelaksanaan Layanan
Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling (13)
A
Judul Layanan
Bimbingan dan Konseling
B
Jenis Layanan
Informasi
C
Bidang Bimbingan
Pribadi dan Sosial
D
Fungsi Layanan
Pemahaman, Pemeliharaan dan Pengembangan
E
Tujuan Layanan
Siswa mampu mengupayakan diri menjadi remaja yang mandiri
F
Hasil yang Ingin Dicapai
a
Menjadi remaja yang memahami kodratnya sebagai manusia
b
Mengembangkan jiwa kemandirian dalam kehidupan sehari-hari
c
Memahami proses perkembangan kemandirian
d
Menyadari bahwa kemandirian itu berhubungan dengan kebutuhan psikologis remaja
e
Berusaha mewujudkan menjadi diri yang memiliki cirri-ciri pribadi mandiri
G
Sasaran Kegiatan
Siswa SMA Kelas XI
H
Materi Layanan
Remaja Mandiri
a
Kodrat Manusia
b
Kemandirian
c
Proses Perkembangan Kemandirian
d
Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Remaja
e
Ciri-ciri Pribadi Mandiri
I
Tempat Penyelenggaraan
Ruang Kelas / Sarana – Prasarana Sekolah / Ruang Bimbingan / Lingkungan Sekolah / Dll ( menyesuaikan )
J
Waktu / Tanggal
K
Semester
2 / Genap
L
Penyelenggara Layanan
Guru Pembimbing
M
Pihak yang Dilibatkan
Pengusaha / Wiraswastawan / Dll (menyesuaikan) 
N
Alat dan Perlengkapan
Skema Hidup Mandiri / Gambar atau tayangan kisah remaja yang sukses / Dll (menyesuaikan)
O
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
a
b
Evaluasi diri / mengisi lembar kerja / latihan / isian yang ada di buku bimbingan dan konseling
Pendampingan secara umum dan melakukan salah satu atau lebih dari jenis layanan (menyesuaikan )
Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                  ................................................
Kepala Sekolah                         Koordinator Pembimbing                       Guru Pembimbing
                                                      Staf Kurikulum
.......................................               ................................................                     ................................................
               

Comments

Popular Posts