SEDEKAH KUNCI KEBAHAGIAAN HIDUP


SEDEKAH KUNCI KEBAHAGIAAN JIWA (Sebuah Kebahagiaan di tengah tragedi kehidupan)
========================================================================
BISMILLAH


Hidup adalah sebuah cerita, cerita yang berawal dan yang pasti akan berkahir. kisah hidup tentulah berbeda-beda antar individu. semua memiliki kisah tersendiri yang akan menjadi teladan, hikmah dan pelajaran bagi orang-orang yang mau belajar.

Kehidupan pun memiliki macam rasa, rasa sedih, bahagia, takut, berani, trauma, kecewa, senang dan lain-lain. tentu pembaca memiliki kisah yang berbeda dengan penulis. namun ada baiknya mari kita merenungkan kehadiran didunia ini. bermacam tugas dan amanah tentu saudara atau pembaca pernah dapatkan. namun Tugas yang sering kita lupakan yakni beribadah kepada ALLOH pemilik alam semesta ini. Dialah pembuat semuanya dialah pembuat segala-galanya dialah segalanya. Banyak perintah yang Alloh sering bicarakan di Alquran yakni Ibadah dan zakat (sedekah). Ibadah harus ada contoh, harus ada perintah dan dalil yang jelas. semua hidup ini hanya diibadahkan kepada ALLOH semata. tanpa pengecualian yang tentulah inti tauhid didalam semua ibadah yakni mengesakan ALLOH dan menyembahnya. serta mengikuti tata cara ibadah yang di contohkan oleh Rasululloh (yang tentu itu atas perintah ALLOH dan petunjuk ALLOH melalui JIBRIL). jadi para pembaca inti kehidupan kita adalah ibadah. Namun sering kita melupakan sisi ibadah secara kemanusiaan, yakni sedekah karena banyak ayat di alquran yang menggandeng antara shalat dan zakat. jadi disini penulis akan membahas lebih rinci tentang sedekah dari sudut kepsikologian (yang tentu dari sisi kepsikologian yang  tunduk kepada aturan ALLOH dan RasulNYA bukan psikologi yang tunduk kepada manusia).

Sedekah adalah give (pemberian), pemberian bisa berupa barang, sikap, dan kasih sayang serta cinta serta harapan ( di alquran banyak diperintahkan untuk memberikan kabar gembira kepada para orang-orang beriman bahwa berita gembira (harapan) akan adanya pertolongan ALLOH). sedekah atau zakat atau wakaf atau hadiah semua itu membawa cinta. membawa solusi, membawa harapan. ini adalah psikologi positif nyata yang telah Rasul perintahkan baik umat terdahulu maupun umat Muhammad yang mentauhidkan ALLOH.

sedekah adalah pemberian terapan dalam psikologi positif. karena sedekah itu tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang kaya atau yang punya uang atau punya jabatan atau punya perushaan. tetapi tersenyum kepada saudaranya adalah sedekah paling mudah, shalat duha pun bisa jadi sedekah, bahkan menyingkirkan benda di jalan adalah sedekah, memberi tahu jalan kepada orang yang tersesat adalah sedekah. jadi jalan sedekah banyak sekali ALLOH tunjukkan. bukan sekadar memberikan uang semata.

Tingkat Sedekah pun berbeda-beda. Namun sedekah yang paling tinggi adalah yang  paling besar, paling berharga dan paling yang di cintai serta yang paling ikhlas hatinya kepada ALLOH semata. serta hanya mentawakalkan kepada ALLOH semata.

KEAJAIBAN SEDEKAH

sedekah adalah perintah ALLOH untuk membangun kesadaran manusia untuk menjaga manusia didalam amal atau perbuatan kebaikan. karena manusia memiliki potensi baik dan buruk. namun islam mengarahkan perintah tersebut guna mentaudhikan ALLOH. keajaiban sedekah banyak di alami semua orang. namun hanya orang yang benar-benar yakin kepada ALLOH tanpa ria dan ujub dihatinya di depan manusia. hidup itu adalah sebab akibat, dimana didalamnya ada kegiatan tarik menarik atau hindar menghindari. tentunya kebaikan akan menarikan kebaikan dan akan menjauhkan dari keburukan. semua logika itu ada sebab dan akibatnya dan itulah sunnah ALLOH. barang siapa yang rajin (rajin berusaha dan berdoa) tentu dia akan sukses. barang siapa berbuat kebaikan tentu ALLOH dan MANUSIA akan menyukainya. inilah keajaiban sedekah seperti magnet kebaikan untuk rincinya dibawah :
1. mendatangkan rejeki
2. menjaga keluarga dari api neraka
3, mendatangkan rahmatnya ALLOH
4. menghindari azabnya ALLOH
5. mendatangkan kasih sayang antar manusia
6. menjaga diri dan keluarga dari musibah
7. mendatangkan rasa tawakal dan pertolongan kepada ALLOH
8. mendatangkan kebahagiaan dunia dan akhirat
9. mencegah iman menjadi turun
10. melapangkan diri dan manusia dari pertolongan ALLOH
11. menghindarkan diri dari kecemburuan sosial
12. mendatangkan persatuan ummat
13 mengingat kematian dan membuat kita cepat bertobat
14. membuat diri untuk selalu berhisab
15 dan masih banyak lagi keajaiban dan manfaat sedekah.

SEDEKAH ITU KEBAIKAN YANG INDAH  YANG AKAN MELULUHKAN HATI MANUSIA. HADIAH, SEDEKAH, WAKAF AKAN MEMBUAT ANDA DICINTAI MANUSIA DAN DISAYANG OLEH PARA PENGHUNI LANGIT. ANDA AKAN MENYESAL BILA KEMATIAN SUDAH TIBA SEMENTARA ANDA TIDAK BERSEDEKAH. KARENA HANYA ORANG-ORANG YANG BERTAWAKAL ATAS RIZKINYA YANG MAMPU BERSEDEKAH DENGAN IKHLAS KARENA ALLOH SEMATA. kenapa anda harus segera bersedekah ??????? SEBAB JIKA ANDA DI KUBUR SERTA DI NERAKA ANDA TIDAK DAPAT BERSEDEKAH YANG ADA HANYA BISA MENYESAL
DAN BERKATA SEANDAINYA SAYA MASIH HIDUP SAYA AKAN BERBUAT KEBAIKAN SELALU :(

oleh rangga prawira S.Psi
I

Popular Posts