PSIKOLOGI UANG

PSIKOLOGI UANG

Simpel, Uang...
sekali lagi
Uang...
Uang bisa buat orang jadi lupa diri dan lupa semuanya
uang membuang alam sadar dan membuat manusia terbuai dalam mimpi-mimpi dunia sesaat...

Banyak orang berubah karena UANG, uang dapat mengubah perilaku dan akhlak seseorang bahkan sekelas kiai atau ulama atau orang shaleh. uang membuat orang yang taat bisa menjadi orang yang paling munafik sedunia. dengan uang korupsi tersedia, dengan uang sogok menyogok dimana-mana, dengan uang orang bisa membeli kekuasaan, dengan uang seorang anak bisa durhaka atau sebaliknya orang tua bisa menjadi sangat kejam dengan buah hatinya, dengan uang seni dan budaya menjadi lebih berwarna, dengan uang banyak perubahan yang terjadi. dari yang buruk sampai yang baik. sebelum kita membahas uang kita akan mendefinisikan uang (https://id.wikipedia.org/wiki/Uang)

"Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang.Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.
Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Efisiensi yang didapatkan dengan menggunakan uang pada akhirnya akan mendorong perdagangan dan pembagian tenaga kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitas dan kemakmuran".

kita bisa lihat dari definisi diatas hakikat dasar awal adanya uang ialah ALAT TUKAR namun seiringnya perkembangan zaman. uang berkembang menjadi alat kepuasan materi dan psikis bagi manusia. Umumnya fitnah tentang uang sudah ada dizaman rasululloh. bahkan rasululloh pun di uji sebelum nabi. apa ingin menjadi seorang nabi atau menjadi hartawan searab.
 
Alloh menguji manusia dengan Harta, tahta, lawan jenis, dan nikmat-nikmat lainnya. namun pengaruh uang kepada peradaban sungguh besar. dari RIBA, PEJAJAHAN, INVASI, TERORIS, PEPERANGAN, PENGHANCURAN LINGKUNGAN. dan KAS NEGARA JADI HILANG jadi efeknya  WOW gihtu ^_^ ckckckckc besar sekali efek dari UANG... walaupun pada dasarnya baik fungsi UANG namun pada umumnya manusia cenderung mengikuti hawa nafsu dan mengubah alam bawah sadar dan rasa kemanusiaan manusia itu sendiri ( dan masih banyak lagi efek dari UANG).

efek samping dari adanya UANG adalah:
efek positif bila kita mampu mengendalikan dan menguasai UANG dan pengaruh positifnya secara psikologi dan tetap pada hakikatnya menjadi alat bukan tujuan utama0   :
1.  Menjadi sarana untuk memberikan kebaikan tanpa bercape-cape lebih seperti sedekah, CSR, dan yang lain-lain (padahal kebaikan makin cape makin besar pahalanya ^_^ ).
2. menjadi alat untuk membahagiakan keluarga
3. menjadi alat untuk motivasi orang untuk bekerja
4. menjadi alat untuk berterima kasih kepada pekerja atau pengusaha
5. menjadi alat bertukar kasih sayang
6. menjadi alat untuk membuat ibadah menjadi mudah antar pula
7. menjadi alat untuk membangun negara
8 menjadi alat untuk menjaga lingkungan
9. menjadi alat untuk mendidik dan mengajarkan
10 menjadi alat untuk menjaga kesehatan
11. menjadi alat tukar untuk mendapatkan ilmu pengetahuan
12 dan fungsi utama lainnya menjadi alat tukar kebutuhan manusia dengan kebatasan kemampuan serta alam yang dimiliki individu atau negara.

Efek negatif UANG pun juga banyak (tergantung kita melihat uang ALAT atau TUJUAN UTAMA dalam kehiduapan sehari-hari)
1. dengan uang manusia menjadi sombong
2. dengan uang manusia menjadi gila pujian (wah orang kaya baru ya @_@ bu)

3. dengan uang manusia menjadi lupa diri
4. dengan uang manusia menjadi manusia anti sosial
5. dengan uang manusia merasa stress
6. dengan uang manusia menghabiskan waktu untuk benda bukan untuk manusia atau keluarga bahkan TUHAN
7. dengan uang manusia bisa berpecah belah
8 dengan uang manusia bisa menjadi penjahat
9. dengan uang manusia menjadi munafik
10. dengan uang manusia bisa membunuh
11. dengan uang manusia lupa ibadah
12. dengan uang manusia saling memakan manusia
13 dengan uang manusia lupa akhirat
14 dengan uang warga negara bisa menghancurkan negerinya sendiri
15. dengan uang seorang anak bisa durhaka atau sebaliknya bisa membuat orang tua bunuh anak
16 dengan uang  membuat manusia  menjadi berkasta-kasta
17 dengan uang manusia bisa membuat agama sendiri yakni agama UUD ujung-ujungnya DUIT

dan masih banyak lagi kejahatan uang yang menyerang alam bawah sadar manusia selain yang penulis tuliskan di topik kali ini

jadi kalau ada orang masih berpendapat uang segalanya silahkan saja tetapi kita lihat fakta dan data yang ada di kehidupan ternyata uang itu buruk ^_^ (bagi orang yang tidak selalu berzikir kepada ALLOH)

kita lebih sering bergantung kepada uang daripada bergantung kepada ALLOH padahal
"barang siapa menolong agama ALLOH maka ALLOH akan menolongNYA)

sebesar apapun uang tidak akan dibawamu
sebanyak apapun uang ia tidak bisa membeli ketulusan
sebanyak apapun uang ia tidak bisa membeli surgaNYA
sebanyak apapun uang ia tidak bisa menjamin kebahagiaan
sebanyak apapun uang ia tidak bisa memelukmu
sebanyak apapun uang ia akan membunuhmu
karena uang cuma alat bukan tujuan, akan tetapi manusia lebih suka mengumpulkan harta-harta mereka di perut-perut dan gudang-gudang harta mereka yang suatu saat akan dihisab dihadapan ALLOH
 



penulis berharap pembaca menambah cara pandang penulis yang terbatas akan pengetahuan uang penulis mengharapkan respon dari pembaca yang mulia karena kebenaran datangnya dari ALLOH dan kesalahan dari penulis sendiri




 rangga prawira S,Psi

Popular Posts